Kamis, 11 September 2008

2 Gol De Rossi untuk Italia


Daniele De Rossi membawa Italia ke puncak klasemen sementara Grup 8 kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa. Gelandang AS Roma tersebut memborong gol kemenangan Italia saat menaklukkan Georgia 2-0, Kamis (11/9) dini hari WIB, di Stadion Friuli.

Dengan donasi tiga angka dari lagai ini, Azzurri sudah mengumpulkan total enam angka sehingga berhak berada di posisi teratas. Pasalnya, pada saat bersamaan Republik Irlandia yang menjadi rival terdekatnya, hanya bisa menambah satu poin menyusul hasil imbang tanpa gol melawan Montenegro.

Sedangkan bagi Georgia, kekalahan tersebut semakin menenggelamkan mereka ke dasar klasemen. Karena pada laga perdananya akhir pekan lalu, Kakha Kaladze dan kawan-kawan menyerah 1-2 dari Republik Irlandia.

Menghadapi laga ini, Italia yang akhir pekan lalu harus bekerja ekstra keras sebelum menaklukkan tuan rumah Siprus dengan skor 2-1, tak diperkuat tiga pemain pilar. Dua pemain belakang, Alessandro Gamberini dan Fabio Grosso, serta gelandang Gennaro Gattuso harus istirahat karena sedang dibekap cedera.

Meskipun demikian, pelatih Marcello Lippi tampaknya tetap tenang. Pria berambut putih yang dua tahun lalu membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 tersebut sangat yakin dengan kekuatan pasukannya, apalagi lawan yang dihadapi memiliki level di bawahnya.

Benar saja, dalam pertandingan tersebut Italia mendominasi. Tetapi, Andrea Pirlo dkk tetap kesulitan untuk mencari celah mencetak gol.

Namun kebuntuan itu terpecahkan pada menit ke-17, ketika De Rossi melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola eksekusi gelandang Roma itu sempat membentur mistar gawang, namun memantul ke dalam sehingga penjaga gawang Georgia, Loria, tak bisa berbuat apa-apa.

Terciptanya gol itu semakin membangkitkan semangat para pemain Italia. Sayang, performa para pemain depan tim biru itu tak terlalu bagus sehingga sampai dengan babak pertama usai, skor tetap 1-0.

Di babak kedua, Georgia berusaha bangkit. Namun keinginan mereka untuk mencetak gol balasan tak pernah terwujud karena kesulitan menembus tembok pertahanan tuan rumah yang dibangun sangat kokoh oleh Fabio Cannavaro dkk.

Sebaliknya, Italia juga tak kunjung meraih gol tambahan lagi. Luca Toni yang penampilannya belum membaik terpaksa ditarik keluar pada menit ke-70 dan digantikan oleh Vincenzo Iaquinta. Meskipun demikian, gol tambahan urung juga tercipta.

Akhirnya, De Rossi lagi-lagi menjadi penghapus dahaga publik tuan rumah. Menjelang pertandingan usai, dia melakukan penetrasi ke dalam daerah pertahanan lawan, dan tanpa ragu melesakkan bola dengan kaki kanannya, sehingga si kulit bundar bersarang di pojok kiri bawah gawang Georgia. Skor akhir pun menjadi 2-0. (CH4/LOU)

- Susunan pemain

Italia: Buffon; Zambrotta, Cannavaro, Legrottaglie, Dossena; Pirlo (Palombo 46), De Rossi, Aquilani; Camoranesi, Toni (Iaquinta 70), Di Natale (Del Piero 56)

Georgia: Loria; Lobjanidze, Salukvadze, Kaladze, Eliava (Kvaskvhvadze 46); Kenia, Khmaladze, Kobiashvili, Menteshashvili (Odikadze 68); Iashvili, Mchelidze (Siradze 54)

Tidak ada komentar: