Rabu, 20 Agustus 2008

Azzurri 10 Tetap Milik De Rossi

Rabu, 20 Agustus 2008, tangan dingin Marcello Lippi diuji untuk pertama kalinya. Sejak sukses meramu Italia menjuarai Piala Dunia 2006, Gli Azzurri di bawah Lippi bakal ditantang Austria dalam partai persahabatan di Stade du Ray di Nice, Prancis.

Beberapa perubahan diambil Lippi. Salah satu yang menarik perhatian ialah dipanggilnya kembali Alberto Gilardino. Striker yang termasuk ke dalam skuad PD 2006 itu musim lalu bermain buruk di AC Milan. Dan setelah bergabung dengan Fiorentina, Gila, panggilannya, mulai dinaungi keberuntungan alias dewi fortuna.Gilardino yang mendapat kepercayaaan membela negaranya senang bukan kepalang.
Kepada La Gazzetta dello Sport, Gilardino berkata: “Saya tidak berharap permulaan lebih baik dari ini.”
Gilardino langsung menyumbang satu gol pada pertandingan debutnya bersama Fiorentina. Golnya jadi penutup kemenangan 2-0 atas Slavia Praha di kualifikasi Liga Champions.
“Sekarang saya ingin mencetak gol untuk Azzurri,” imbuhnya yang tidak lupa mengusung target.
“Sungguh luar biasa bisa bergabung lagi dengan rekan-rekan yang bermain bersama ketika menjurai PD 2006. Saya dipenuhi antusiasme dan saya ingin menjadi figur krusial dalam babak kualifikasi PD 2010.”
Sementara itu nomor punggung Italia telah dirilis. Tidak ada perubahan berarti dibanding komposisi skuad Euro 2008 yang ketika itu ditangani Roberto Donadoni. Sekali lagi perburuan nomor punggung 10 gagal dimenangkan Alessandro Del Piero. Nomor keramat itu tetap membalut tubuh gelandang AS Roma, Daniele De Rossi. Sedangkan absennya Luca Toni yang cedera membuat Gilardino dipercayakan menggunakan nomor punggung kebanggaan para attacante, sembilan (9). Pendatang baru Angelo Palombo mengenakan nomor 17 dan Andrea Dossena mengenakan nomor 13. Del Piero sendiri kembali mengenakan tujuh (7), nomor yang dipakai di Euro 2008 lalu dan nomor wahid (1) tidak lepas dari Gianluigi Buffon.
Berikut skuad Italia beserta nomor punggungnya:
1-Gianluigi Buffon, 14-Marco Amelia; 2-Marco Cassetti, 3-Fabio Grosso, 5-Nicola Legrottaglie, 6-Andrea Barzagli, 13-Andrea Dossena, 19-Gianluca Zambrotta, 25-Daniele Bonera; 8-Gennaro Gattuso, 10-Daniele De Rossi, 16-Mauro Camoranesi, 17-Angelo Palombo, 20-Simone Perrotta, 21-Andrea Pirlo, 22-Alberto Aquilani; 7-Alessandro Del Piero, 9-Alberto Gilardino, 11-Antonio Di Natale, 15-Vicenzo Iaquinta.

Tidak ada komentar: